Kamis, 31 Desember 2009

pindang serani

Sebenarnya pindang serani ini adalah masakan ikan paling gampang dan
paling cepat penyiapannya. Cuman syaratnya satu. Ikan harus benar2
segar, setidak2nya belum masuk freezer. Dengan bumbu2 standar bawang
garam jahe buah belimbing wuluh tomat dan sedikit penyedap rasa jadi
lah sop ikan ala pantura ini yg biasa juga disebut pindang serani.

Rabu, 30 Desember 2009

hujan sangat lebat di magelang, menyebabkan banjir lokal

Seperti yg saya beritahukan kemaren, memang sangat2 lebat hujannya di
magelang kemaren. Terjadi kemacetan dimana2. Jalan raya depan rumah
juga macet sampai malam. Depan rumah cak dadang juga sami mawon. Sore2
lewat depan rumahnya lagi.. Walah banjirnya sampai masuk ke halaman
he3 (foto pertama itu rumah cak dadang di saragan).

mangut telur iwak jahan

Iwak jahan atau kadang disebut iwak jambal atau iwak manyung yg buat
ikan asin itu atau lele yg hidup di perairan pantai/muara sungai
ternyata ada bagian tubuhnya yg sangat uenak. Sudah lama dikasih tahu
ama nelayan2 bahwa telur ikan yg paling enak itu telur jahan. Apa iya?
Lama2 jadi obsesi...

akhirnya beberapa waktu yg lalu dapatlah merasakan telur ikan yg bikin
penasaran ini. Telur ikan ini bentuknya lain banget ama telur ikan
pada umumnya. Telurnya berbentuk butiran sebesar kacang kapri. Trus
karena dimasak mangut rasanya juga tambah gurih. Setiap butir yg
dimakan kalau digigit terasa agak kenyal dan rasanya tob banget gak
bisa ngebandingin ama rasa apa gitu. Terasa gurih, agak masir kayak
telur asin tetapi tidak asin, rasanya juga lain dengan telur muda
ayam. Pokoknya nelayan2 itu tidak bohong kalau rasa telur iwak jahan
itu memang tob markotob. He3...
Dan yg pasti tidak setiap saat ada, biasanya musim ketika pergantian
cuaca dari kering ke musim hujan.

hujan deras, saragan, depan rumah cak dadang buanjiiirrr

Barusan lewat depan rumah cak dadang.. Walah macet banyak mobil mogok
mlepek kebanjiran.. Piye Dang.. Gerakke armadamu nggo ngatasi banjir
ngarep omah.. Perkoro sepele to? Rowo2 neng banjar wae sipil diguruk
to?

Selasa, 29 Desember 2009

cak dadang

Cak dadang kemana ya? Kalau dia mau ke jogja jumatnya.. Aku melu wes..
Tak nggowo hardisk ext. Ha3...

Kethak

Kethak

kemaren ke pasar darurat rejowinangun ada yg jual kethak bacem.. wah sip
nih udah lama ga makan kethak.. walau full kolesterol tp gurihnya itu
looo.. ha3... di daerah lain juga dikenal dengan nama blendo.

Oscar

Sepertinya oscar adalah ikan predator awal2 yg diimpor masuk ke
Indonesia.. saya masih SD ketika mulai melihat ikan ini dipiara
orang2... pada waktu itu makannya harus ikan hidup.. eh setelah F ke
berapa.. sekarang sudah pada mau makan pelet.. he2.. strain`nya juga
sudah macam2 ada yg albino, tembaga (seperti yg di foto) dll. herannya
ikan ini tidak ada yg lolos ke perairan.. padahal pemijahannya juga
relatif mudah lho...

Senin, 28 Desember 2009

timlo solo

Kemaren nyoba timlo solo.. Tetep saja tidak bisa merasakan
kenikmatannya. La kayak sop dikasih irisan dadar telor ha3... Mungkin
belum menemukan lokasi yg paling suip untuk timlo ini. Lagian
kebanyakan masih ada di Solo, masih jarang yg buka cabang di luar
kota. Beda misalnya dg bebek goreng dan sop ayam. Yg sekarang
cabangnya ada dimana2 dan nge trend.

Minggu, 27 Desember 2009

diperpanjang pendaftaran cawali magelang

Ayo Nis.. Tunggu apalagi? Ndang ndaftar tooooo....

iwak kali goreng

Liat di pasar ada seperti ini langsung dibeli semua. Sudah
jarang-jarang nemuin karena ikan2 sudah pada abis di kali2 kecil.

Sabtu, 26 Desember 2009

bakmi goreng Pak Kadis, menayu muntilan

Dulu banget bakmi pak kadis sangat terkenal walau lokasinya sangat
nylempit dan bagi yg ga terbiasa pasti nyasar2 karena lokasinya di
dalam kampung pedesaan yg pake belok kanan-kiri berkali2... Kalau yg
sudah hapal sih ok aja.. Karena bisa berpatokan dari tiang listrik
tegangan tinggi trus masuk aja, tp sy kalo disuruh cerita belok
kanan-kirinya jg gak apal harus di lokasi baru bisa nentuin mau belok
kanan apa kiri.

kemaren kesana lagi, ternyata menu sudah bertambah macam2 ada bebek,
goreng ayam dlsbg'nya. Sayang bakmi goreng yg dulu jadi andalan
rasanya sudah biasa. Apa saya dalam keadaan kurang laper atau
bagaimana entahlah.

Jumat, 25 Desember 2009

kripik gadung, sbg alternatif terapi diet?

Dengar kata gadung pasti inget sesuatu tentang umbi2an yg rasanya
gurih tetapi memabukkan?
Nah sekarang sudah banyak umbi ini yg dibikin kripik dan dijual di pasar2...
Iseng2 pas lewat di tengah pasar darurat Rejowinangun (pasar darurat
lebih enak karena mobil bisa lewat tengah pasar) saya membeli setengah
kilo kripik gadung mentah, karena penjualnya pas persis ada di tepi
jalan.
Sekedar pengen nostalgia saja, sekilo cuman 10rb, jadi deh cukup 5rb
saja buat tombo kangen.

Sampai di rumah langsung digoreng, setelah ditiriskan trus ditaburi
garam halus. Nyamleng tenan.
Saya kebetulan makan beberapa banyak.. Tetapi setelah 2-3 jam ada rasa
gak enak di perut seperti mual2 gitu dan jadi sering glegek'en.. Wah
keracunan gadung nih, tp ya cuman gitu2 aja.. Jadinya gak doyan makan
apa2... Efek ini berlangsung 4-5jam. Jadi makan siang terlewati,
ngemil juga ra doyan.. Akhirnya pas malam sekali baru bisa makan
malam.
Agak kurang yakin akan gejala ini, besoknya saya ulangi makan kripik
gadung ini dengan porsi yg sama. Lab-leb la wong enak.. Lagian gejala
itu efeknya datang agak lama jadi kayak udah lupa gitu... Nah
berikutnya rasa mual dan gak doyan makan itu datang kembali 2-3 jam
kemudian. Asyik juga.. Bisa jadi terapi diet lama2 he2...

tapi ini buat saya lho, mungkin untuk orang lain berbeda juga. Dan
mungkin juga untuk batch kripik gadung yg lainnya sudah tidak kejadian
ini lagi, siapa tahu nyucinya lebih bersih lagi he3..
Sedikit pertanyaan aja, apa sih zat yg bikin mabuk itu, mungkin bisa
di ekstrak trus jadi pil diet menyaingi pil merit misalnya.. Ha3...

Sedikit screen shoot berikut ini, kripik gadung yg kemaren sedikit
memabukkan itu.

tongseng pak kurdi (revisited)

Tgl 25des memang pas natal yg berhujan. Cuaca yg biasanya puanas
sekarang adem sejuk. Enak buat nyari yg bikin panas2 mak greng.
Meluncur lah ke sate pak kurdi. Nyamleng.. Tambahin irisan lombok dan
merica yg buanyak. Jadi kemrobos. Nanti malam bisa tanduk. Ha3...

Kamis, 24 Desember 2009

pengobatan gratis?

Kemaren dulu ditelp bokap.. Disuruh nemenin buat pengobatan gratis. La
kok aneh ada yg gratis2 jaman sekarang? Jadi curiga dulu, tp gapapa
dicoba dulu.

nyampe di lokasi ternyata di lokasi kecurigaan terbukti ada kursi
pijat elektrik dan penjernih air. He3...
Wah pasti prosedur standar.

pengobatan gratis ya disuruh duduk di kursi itu katanya mau nyari
penyakit apa yg diderita sekalian abis itu refleksi kaki. Di sebelah
ada bapak2 tua udah dibom spy beli penjernih air itu. Payah deh.

akhirnya dg alasan masih ada acara lain. Bokap tak ajak aja pulang
pake alasan besok kesitu lagi.

memang bisnis seperti ini memanfaatkan sifat dasar wong jowo yg ewuh
pekewuh, terutama yg sepuh2. Kan udah digratisi masak gak ikut
nglarisi dagangan dia. Padahal dengar selentingan pas bapak tua
disamping ditawarin harganya 8juta. Weleh disuruh beli 1jt aja ga mau
lah penjernih air itu. Mana merk'nya kagak jelas.

monggo bagi yg punya orang tua di rumah sebaiknya kalo ada tawaran
seperti ini sebaiknya dikancani.

tawon ngamuk ngeri juga

Baca berita beginian jadi ngeri juga. Kalau tawon yg di rumah mertua bisa
ngamuk seperti itu gak ya? Nih ada update gerbang sarangnya.. Lebih banyak
lagi tawon yg keluar masuk.. He3..

Rabu, 23 Desember 2009

soto daging sapi pak marto depan JEC

Mungkin bagi penggemar Soto Pak Marto yg di dekat perempatan Patangpuluhan
(yg pertama kali) dan sedang berada di daerah utara jogja.. Sekarang tidak
usah bingung harus ke selatan lagi karena sudah ada cabangnya (katanya) di
depan persis JEC.
Lucunya ada warung soto Pak Marto disitu, satunya agak di dekat Gudeg Bu
Tjitro, satunya lagi di belakang ATM Bank Mandiri. Dua2nya mengaku sebagai
cabang dari Pak Marto yg di Patangpuluhan itu.
So far so good saya udah mencoba kedua2nya dan memang rasanya hampir sama.
Cara penyajiannya pun sama persis plek... Pokoknya gak ada bedanya... Iseng2
saya tanya ke pelayannya ttg warung satunya.. Ha3.. Jawabannya jan sinis
tenan... Demikian juga kalau pertanyaan yg sama dilontarkan ke pelayan
warung satunya.
Kasusnya hampir sama dengan tongseng Pak Kurdi yg letaknya berhadap2an kanan
dan kiri jalan (satu miliknya Pak Kurdi satunya lagi milik mantan istrinya
Pak Kurdi).

Ok, sedikit tentang soto Pak Marto, soto ini memang rasanya khas.. Dan yg
bikin sedap adalah kecap dan kuahnya... Sambil makan soto sekalian juga
makan irisan daging buah lauknya... Cara makannya irisan daging itu direndam
dikit ke kuahnya trus disrutup bareng.. Enak tenan.. Ha2..

nah.. Apakah perlu warung makan dipatenkan sehingga tidak sembarang orang
buka warung dengan nama dan trademark yg sama?

buat screen shoot ini ada hidangan cabang soto Pak Marto yg di belakang atm
mandiri. Enjoy..

Selasa, 22 Desember 2009

pelas

Kmaren sore jajan ada tenongan lewat. Nah ternyata ada pelas. Pelas yg
isinya petai cina alias mlandingan. Seharusnya ada terinya baru enak.
Tp parutan kelapa muda dan mlandingan udah ckp gurihhh. Memang kelapa
muda model begini bisa pakai nama macam2 ada jg yg nyebut namanya
dengan bothok dlsbg'nya. Di jakarta ada yg jual? Apa namanya?

Senin, 21 Desember 2009

kabut tebal di magelang pagi ini

Bangun tidur liat jam sudah jam 5'an... tp kok masih gelap.. liat keluar
walah ada kabut tebal.. sangat jarang sekali magelang ada kabut seperti
ini. dulu sih pas saya kecil masih sering.. tp sekarang sangat. jarang..
jarang sekali..
mumpung ada kesempatan saya abadikan deh suasana berkabut magelang..
wuih. layaknya seperti di kopeng atau di dieng.. udara juga dingin
menyegarkan...

Minggu, 20 Desember 2009

sayur buluketek?

Katanya di bandung namanya Ulukutek? Kadang dimasakin ama ibu mertua.
Tapi leunca'nya masih terasa pahit. Di bandung dicampur ama oncom
segala katanya. Gimana tuh? Orang2 bandung katanya jadi sayur favorit?
Bener ga?

Sabtu, 19 Desember 2009

mangut iwak pe panggang

Makan siang ini pakai mangut iwak pe. Bagi yg tidak terbiasa pasti gak
tahun ama baunya. Emang baunya rada-rada aneh agak ada baunya amoniak
begitu. Secara rasa uenak banget karena dagingnya empuk dan gurih,
tulang2nya pun yg di bagian sayap bisa dimakan karena termasuk tulang
muda.. Pokoknya nyamleng wes....

Jumat, 18 Desember 2009

ayu2 kok turune karo kirik

Lagi nonton acara spa anjing neng Metro TV. Walah pemilik anjingnya
memang ayu2.. Tp kok ngakunya semua kalo tidur sama anjingnya. Trus
seng dadi bojone piye jall? Nek kleru piye?

Kamis, 17 Desember 2009

serabi notosuman

Apa sih istimewanya serabi ini? Saya sudah berkali2 nyoba kok rasanya
ya sama aja yg dijual di pasar bonpolo oleh ibu2 dulu itu. Di magelang
ada yg jual di jl.jend sudirman trunan (dulu di jl.pemuda). Memang
cukup laris. Apa karena penampilan saja?

Rabu, 16 Desember 2009

pelebaran jalan mertoyudan in progress

Sudah mulai rupanya dengan ditebangnya pohon2 di pinggir jalan. Memang
jadi lebih berdebu dan keliatan sangat panas. Tapi keuntungannya bisa
liat gunung tidar lebih jelas. Sayang asap kendaraan bikin warna
gunungnya buram. Next ambil fotonya harus pagi2 lagi. Oya foto diambil
dari depan metro square.

tahu trunan

Masih ingat dulu pernah cerita tentang kerupuk tahu dari tahu bunder?
Nah ternyata beli tahu bunder'nya sendiri juga boleh. Lokasinya masuk
ke kampung, tiap gang di trunan ada kok penggilingan tahunya..
Harganya murah banget... Duit 5rb dapat 25bj. Dimakan sendiri ga
abis... Rasanya juga uenak... Mayan buat variasi lawuh di rumah atau
digado buat minum teh sore2...

Senin, 14 Desember 2009

aerator batre?

Ada artikel menarik di kompas hari senin kemaren dulu. Kalau listrik
mati bisa pake aerator batre.. Walaupun judul artikel bbm sulit buat
genset.
Yah.. Kalau aquarium cuman 1-2 sih gampang.. La kalau punya aquarium
lebih dari 30bj gimana? Apalagi kalau pas pergi ga ada yg jaga rumah..
Tetap aja ikan ga bisa turun ambil aerator batre trus pasang sendiri..
Yg penting early warning dari PLN hari apa jam apa listrik bakalan
mati.. Nah itu baru bagus.. Jadi bisa prepare.. Nyiapin apa2 yg
perlu.. He3.. Kok jadi curhat?

tongkol kacangan masak mangut

Pas kemaren dulu mancing, mampir sarapan dulu.. Ternyata lauknya enak
bener.. Ikan tongkol jenis kacangan yg dimasak mangut... Ikan kacangan
ini jenis yg kulitnya tebal jadi harus fresh baru enak dimakan...
Kalau kena es aja.. Langsung aja daging di bawah kulit bereaksi kimia
jadi kecut dan bagi yg tidak biasa bisa bikin bibir kegatelen...

dengan masak mangut ini dan bumbu yg berani enak bener walau kulit
tidak diklocop.. Bumbu tetep bisa masuk ke dagingnya... Pokoknya
nyamleng....

Rabu, 09 Desember 2009

godong kenikir

Godong kenikir

Waktu kecil dulu biasa main2 motong tanduran, samben ketemu ama pohon
kenikir wah daunnya mambu langu tenan.. Mbasan sekarang dimasakin ama
ibu mertua dibikin pecel daun kenikir ternyata uenak yo? Ha3.....

1set petex pesanan Inun Tangerang

1set minnow 3cm dan mikro froggie pesanan Adi Palu