Sabtu, 28 Februari 2009

Selasa, 24 Februari 2009

inovasi pothil

Teman2 pasti sudah pada apal makanan kecil yg namanya pothil ini. Bentuknya yg berwarna coklat tp gurih walau keras kalau dimakan, untuk simbah2 tidak dianjurkan untuk menikmati makanan ini. Tapi dengan perkembangan jaman banyak inovasi yg dilakukan untuk panganan ini. Berbagai ukuran dibuat untuk menyesuaikan selera orang. Ada yg dibuat kuecil2, ada yg dibikin lebih renyah dan empuk, ada yg diberi warna lebih terang dll. Bahkan ditambah rasa ala snack, misal rasa keju, rasa jagung bakar, pizza dll.
Yg belum ada rasa strawberry ama mocca ha3...
soni magelang

Minggu, 22 Februari 2009

sop ayam klaten

Kalau melintas di kota Klaten jangan lupa mencoba sop ayam'nya. Banyak warung rata2 rasanya jg hampir sama. Saya favoritnya yg deket alun2 gak jauh dari toserba matahari.

yang paling nikmat adalah cekernya karena sangat empuk, tinggal diemut saja.. Daging langsung cair di mulut... Dilepeh tinggal tulang2nya saja. He3...

soni magelang

Jumat, 20 Februari 2009

garam diet

Selama ini orang hanya tahu bahwa yg model diet itu adanya cuman gula saja. Ternyata ada juga garam diet khusus untuk penderita hypertensi yg perlu mengurangi konsumsi garam. Jadi sekarang penderita hypertensi kalau kemana2 bisa mengantongi garam ini.

soni magelang

mini Grubi

Hampir semua di antara kita di waktu kecil pernah merasakan kue enak satu ini : Grubi. Kue dari parutan ketela yg dimasak pakai gula jawa ini memang paling ngangeni. Cuman sayang dulu orang bikinnya gede2 hampir sekepalan tangan. Anak kecil kalau mau makan kue ini harus membuka mulutnya lebar-lebar dan harus memegang dengan tangan telanjang kuenya.. Padahal karena pakai gula jawa jadi lengket dan sepertinya kurang higienis.
Sekarang ukuran grubi sudah diperkecil sehingga bisa langsung 1 lahapan sudah amblas. Istilahnya sak emplok'an.. Ha3..

soni magelang

Rabu, 18 Februari 2009

jangan tempe gembus

Ternyata selain digoreng tempe gembus'pun enak juga kalau dibikin jangan.. Memang rasanya agak aneh.. Agak berbeda dengan tempe dele biasa.. Tp pokoknya siiipp apalagi buat makan siang dengan lawuh bandeng goreng sama sambel tomat.. Walah.. Ha3...

soni magelang

Senin, 16 Februari 2009

Sarapan bubur gudeg Japunan

Di perempatan Japunan (samping bakso Pak Kribo) tiap pagi ada penjual gudeg yg pakai grobag dorong ala yg di depan Kodim itu. Anehnya yg jual orang bali, jadi kalau ada upacara keagamaan hindu bali pastilah libur, atau pas ada liburan panjang begitu juga pasti mudik ke Bali.
Walau begitu langganan gudeg ini sangat banyak jam 8 pagi saja sudah habis. Jadi kalau pengen sarapan ya harus pesan pagi2 juga. Saya paling suka bubur gudeg tahu, tp yg ini cepet banget habisnya, jadi kalau keabisan ya sego gudeg tahu. Yang pasti banyak lombok rawitnya yg alum masuk ke gudeg jadi kalau di kletus mak nyos.. Ha3...
Rasa gudegnya lebih gurih dan tidak legi seperti yg di Kodim, sesuai banget dengan selera saya. Teman2 dan saudara2 yg menginap di rumah kalau sarapan sering tak belikan gudeg ini, komentarnya jg ok-ok.. Gak tahu apa cuman basa-basi doang... Ha3....
soni magelang

Jumat, 13 Februari 2009

tape goreng keju

Sore-sore gerimis yg dingin ada kejutan digoreng'in tape goreng yg ditaburin keju. Waduh nyamleng tenan apalagi pake teh poci tong tjhi... He3..

soni magelang

Rabu, 11 Februari 2009

cabuk rambak

Selama ini kalau melintas di Solo pagi2 pasti liat jajanan pakai tulisan cabuk rambak. Lama2 rambut jadi ketombean pengen njajal apa sih cabuk rambak iku, kok namanya nyalawadi... Ha3...
Tahun kemaren pas kebetulan nginep di Sahid, pagi2 jalan2 nemu ini bakul cabuk rambak. O alah jan... Ternyata ini jajanan cah cilik.. La yg ngantri cah2 cilik... Tp ora popo.. Sekedar pengobat penasaran melu antri... Weleh2 ternyata begitu sederhana'nya dan sepincuk cuman 1500. Isinya kupat lontong yg diiris2 dan dilumuri bumbu pecel sama ada krupuk gendar'nya.. Ha3...
Tp jan tob tenan bumbunya miroso... Kapan2 mbaleni meneh yo rapopo... Khas solo gitu loh... Magelang kayane ora nono...

soni magelang

Selasa, 10 Februari 2009

pecel solo : paturasan

Buat yg pengen tahu kemewahan warung pecel solo. Ini ada foto bagian ceding'nya.. Semua tembok pake batu timbul dan pintunya pakai kayu jati utuh model slarak... Wong cuman paturasan aja semewah ini, bisa dibayangkan item2 pernik yg lain.
Itu kalau batu2 lumuten nggak bisa bayangin bagaimana cara nyikatnya... He3...

soni magelang

pecel solo : pecel yg borju

Dua minggu yg lalu, abis jemput istri di bandara mampir di warung pecel solo di daerah monjali samping Hyatt hotel (dekat rumah cak dadang) sepertinya ini warung punyanya wong sugih yg duitnya kagak ada serinya. Semua material dan perabot terbuat dari kayu jati semua, sampai tlundakan dan lantainya pun dari kayu jati. Pokoknya jare warung tp cuman pameran nek aku nduwe omah antik seng luarang'e pol (mungkin begitu misi yg empunya).
Semua makanan di model ala bakul lincak'an ada pecel, mangut dll.. Pokoknya model seperti itu lah.
Saya pilih pecel sego abang pake sambel wijen ditaburi teri asin. Kek'nya enak didengar... He3...
Wah.. Setelah dipajang dan dihidangkan sepertinya sayang untuk di embat.. La wong apik penampilan'nya (liat foto). Tp rapopo langsung sikat. Memang sip lah....
Tp mbasan keluar bill'nya.. Weleh2.. Sak pincuk pecel barusan kena charge 35rb.. He3... Borju banget...
Tp gapapa... Rekomend kok sesuai lah dengan harganya... Tp ojo nggo mbendinan... Mundak ora iso jajan liyane.. He3...

soni magelang

Senin, 09 Februari 2009

mikung alias bakmi kangkung

Sepertinya agak jarang ya bakmi goreng dicampur kangkung dan taoge disiram kuah ala mipyok.. He3... Ini kemaren saya jumpai di tukang tenongan.. Rasanya siiiippp banget... Di Jakarta ada yg kayak gini?

soni magelang

Minggu, 08 Februari 2009

Selasa, 03 Februari 2009

gule iwak tombro

Sore2 hujan begini sepertinya enak bikin masakan yg kental dan bersantan serta pake rempah2 yg buanyak. Mumpung ada bahan iwak tombro jadi deh bikin masakan gule ikan aja.
Iwak tombro karena sangat berlemak sayang jg kalau digoreng akhirnya untuk mematangkan dibakar dl di arang sebentar.
Akhirnya jadi deh gule iwak tombro yg mak nyus penuh vitamin karena pakai rempah2 yg suedep.. He3....
soni magelang

Senin, 02 Februari 2009

mie solo di metro square, magelang

Malam minggu kemaren coba warung baru di metro square. Namanya mie solo. Penasaran saja. Kayak apa sih rasanya. Saya pesan kwitaw kuah ayam, bojoku pesen mihun goreng. Nanti saling sharing he3.. Per porsi harganya 7500 lebih murah dari pak mat di sekaran/pakelan sana, mungkin karena gak pake ayam kampung.
Overall bumbu'nya ala chinese food jadi pake michin banyak. Trus kwitiaw kuah'nya rasanya seperti timlo.. Ha3...
Ya pokoknya sudah pernah nyoba. Sekian review warung baru dari saya.

soni magelang