Jumat, 20 Maret 2009

sosis ala solo

Kalau jajan timlo di Solo atau jajan sop ayam di Klaten ada nyamikan yg mirip dengan semar mendem.
Memang kulitnya dari telur dadar yg digoreng tipis2... Tp beda isinya.. Kalau semar mendem isinya ketan nah ini isinya daging cincang...
Nah anehnya makanan ini dinamakan sosis.. He3 aneh banget kan?
Trus cara makannya bisa digado atau dicemplungken ke timlo atau sop ayamnya...
Rasanya sudah pasti mak nyus la wong bahan dasarnya telur dan daging ha3...

soni magelang

Rabu, 18 Maret 2009

bubur gudangan : cukup 1500 rupiah saza

Tadi pagi jalan2 masuk ke arah perkampungan di daerah mBanyakan suatu daerah di pedalaman kecamatan Mertoyudan.
Udah jalan agak jauh agak terusik dengan suatu warung gudeg yg dilayani oleh seorang ibu2 tua. Keliatannya buanyak yg antri, mumpung jg belum sarapan dan laper juga. Akhirnya membelokkan langkah ke warung ibu tua ini.
Wah ada bubur ternyata.. Kayaknya asyik. Pas saya mau pesan bubur gudeg kok bapak2 di sampingku pesan bubur gudangan. Wah bubur apaan tuh. Ternyata bubur yg dikasih kluban dengan lauk tempe glepung. Wah coba jg.. Sepertinya nikmat. Akhirnya sarapan deh dengan bubur gudangan, waduh ada sensasinya jg karena sayurnya dimasak setengah matang sehingga digigitnya mak krenyes2.. He3... Pokoknya besok mau beli sarapan lg kesitu.
Pas mau mbayar.. Walah cuman 1500 saja.. Murih temen...
Eh ternyata masih ada yg lebih murah, ada embak-embak beli bubur kuah cuman 500 rupiah... Kok bisa ya? Bagaimana cara ngitungnya?

soni magelang

Selasa, 17 Maret 2009

kupat tahu tanjung

Di dekat pertigaan tanjung tepatnya depan kantor pegadaian Tanjung yang dekat perumnas Kalinegoro itu ada warung kupat tahu Pak Sis. Warungnya sederhana tapi kupat tahunya Mak Nyus... Kalau pagi sampai agak siang yg ngulek sambel ibunya.. Agak siangan yg ngulek sambel Pak Sis'nya sendiri. Walau bagaimana pun saya tetep lebih mantep sama ulekan bu sis'nya entah kenapa.. Jadi kalau kesana lebih pagian.
Yang bikin mak nyus juga bakwan'nya.. Gurih banget.. Enak deh pokoknya..
Menurut saya ini kupat tahu yg masih asli selera'nya.. Dulu kupat tahu ndompleng mblabak masih asin gurih, tp lama2 cenderung manis kayak kolak. Begitu pula kupat tahu yg di Ngesengan itu, Tahu Pojok, jan legi tenan.
Yg masih belum terkena deman manis2 ya yg di Prajenan sama pak Pangat. Cuman Pak Pangat sudah muahal. Yg di Tanjung ini sepiring kupat tahu mak nyus cuman 4rb doang... He3...

soni magelang

kios penjual bunga segar

Semenjak pasar rejowinangun kobongan.. Pasti ibu2 yg pengen merangkai bunga sendiri buat hiasan meja di rumah bingung nyari lokasinya. Memang ada satu yg di depan Lippo Bank, tp selain harganya mahal, bunganya kurang segar dan penjualnya jutek.. He3...

lokasi yg baru ini di depan persis pasar burung jalan iklas. Mbaknya yg jual lumayan ramah dan ok juga kalau mau nawar2.. Bunganya jg laris sepertinya.. Terbukti pas valentine kemaren istri pengen pasang bunga dapatnya bunga mawar putih doang.. Dan bunga apa tuh.. Ga tau namanya...

soni magelang

Senin, 16 Maret 2009

degan bakar

Di Japunan arah depan kantor Depag ada warung tenda degan bakar, yang degan'nya pake dibakar dulu dan dihidangkan panas2... Kapan itu pernah nyoba ternyata porsinya kebanyakan.. Minum satu butir saja serasa meledak perutnya karena wareg.. Daging buahnya ternyata sangat banyak dan dicampur dengan gula jawa, jahe dan rempah2 lainnya... Karena tidak begitu suka yg manis, akhirnya cuman separuh saja yg bisa masuk.
Mungkin untuk yg punya penyakit deman cocok nih minum ini karena memang bikin gemrobyos...

soni magelang

Jumat, 13 Maret 2009

kerupuk tahu kulit

Sudah 2-3tahun ini magelang ada model kerupuk baru. Yaitu kerupuk dari kulit tahu kulit yg berwarna coklat itu. Tahu kulitnya dipilih yg bentuknya bulat dan dipotong dua persis di tengahnya jadi keliatan bagus setelah dioven kemudian digoreng. Lalu buat apa isinya? Ternyata masih bisa digunakan sebagai isi risoles yg dijual di pasar2. Di Trunan ada kios khusus krupuk tahu kulit ini. Rasanya gurih banget. Tp memang harganya sedikit mahal.

soni magelang

Kamis, 12 Maret 2009

keladi alias sente

Beberapa tahun yg lalu bersamaan dengan kegilaan jenmanii.. Muncul pula kegilaan terhadap bangsa keladi, semua jenis keladi jadi ikutan naik daun. Bahkan keladi liar seperti di foto bisa naik kelas dijual di nursery2...
padahal tanaman ini bisa hidup dimana saja bahkan di tempat sampah seperti itu.
Dengan umbinya sebagai cadangan makanan tanaman ini bisa bertahan bertahun2 di dalam tanah istilah kerennya dalam masa dorman.
Dengan perkembangbiakan dengan umbi ini juga lah yg akhirnya harganya jadi hancur karena gampang banget diperbanyak. Tapi orang yg pertama dulu mempopulerkan itu lah yg kaya duluan... Itulah harga sebuah ide. He3...
soni magelang

Rabu, 11 Maret 2009

marning ndeso vs marning kuto

Marning ndeso itu adalah marning yg bener2 masih berujud jagung, cuman sepertinya sudah digoreng uyah bawang. Jadi karena dari jagung yg mentahnya sudah keras, digoreng seperti ini atosnya juga ora umum. Makan ini butuh perjuangan yg sangat2 di bagian gigi geligi. Makanya biasanya dijual di jajanan untuk anak2 SD yg giginya masih sehat wal afiat. Di toko oleh2 makanya jarang yg jual marning ndeso ini.
Nah yg marning kuto ini masih gampang dijumpai dan tidak begitu keras lagi. Ada yg pengen marning ndeso? Ha3...

soni magelang

Sabtu, 07 Maret 2009

sate tempe gembus (sate kere) Solo

Minggu pagi seperti ini jadi ingat kalau pas minggu2 ada di Solo, pasti deh meluncur dulu pas jam2 begini ke GOR Manahan. Nyari apalagi, selain nyari sate tempe gembus yang lebih populer dengan nama sate kere. Mungkin dinamain sate kere karena harganya murah sekali dan yg beli orang2 kere? Ha3...
Memang tidak hanya tempe gembus saja yg dijadiin sate tapi ada dagingnya juga. Tp dagingnya itu juga ternyata hasil dari gosek2 di antara tulang2 yg udah diambil dagingnya. Jadi dapatnya juga daging potongan kuecil2... Jangan keliru daging kuecil2 yg nempel di tulang itu malah guriiiih banget...
Kembali ke pembahasan awal, sate ini sebenarnya sama aja dengan sate lontong yg lain yg membedakan ya bahannya itu. Bumbu kacangnya juga guriiih.. Pokoknya 1 pincuk pengen nambah lagi kalau gak dihalangi istri, nanti jadi tambah gendut katanya ha3...

sayang di magelang tidak ada yah sate kere ini...

soni magelang

Kamis, 05 Maret 2009

bendera partai yg terlalu jumawa?

Kemaren pas melintas di cemoro pitu dekat SMP3 ada liat sesuatu yg mengganggu mata. Apa masih kurang tempat pasang bendera sampai di atas menara begituan? Apa tidak ada yg melarang? Masih ada yg mau milih?

soni magelang

cafetaria jamaican rhum di sablongan dekat SMAN 3 Magelang

Sebenarnya saya tidak tahu nama cafe'nya ini sebenarnya apa, tp karena di dinding kacanya ada tulisan gituan ya saya anggap gitu lah namanya.. Hampir setiap sabtu abis belanja istri ngajak mampir kesitu.. Es yg pakai rhum memang enak banget.. Sebelumnya rhum itu termasuk khomar bukan sih? Tp positif thingking aja deh.. La wong yg jajan disitu buanyak anak SMA 3 yg berjilbab.
Saya sih senang2 aja kalau diajak kesitu karena banyak pemandangan yg sueger2.. Anak SMA gitu loh.. He3..
Selain minumannya yg enak, ada pula jajanannya yg sip.. Ada bakmi, capjay dan bihun.. Trus gorengannya yg paling sip adalah tahu bakso'nya yg pasti panas2 dari penggorengan..
Spertinya Cemdu aja dah kalah reputasinya dengan cafe yg ini he3...

monggo2 silakan yg pada pengen mau nyoba. Harga2nya sesuai kantong anak SMA. Makan minum sampe kenyang berdua paling max abis 20rb'an.

soni magelang

Rabu, 04 Maret 2009

Sayur Leunceau

Ibu mertua sebagai istri tentara pernah beberapa tahun hidup di Cimahi jadi sedikit banyak cara memasaknya ada sedikit2 nyonto masakan priangan. Nah salah satunya sayur leunceau yg pahit ini. Saya sudah berkali-kali mencoba menikmatinya tp kok ya masih terasa pahit juga. Padahal kalau sayur pare misalnya makan 2-3 kali aja pahitnya udah gak terasa yg ada rasa nikmatnya.. Ha3.. Jadi sekarang kalau pas ke mertua dimasakin kayak gini mending tak hindari saja.
Dimasak aja udah pahit kayak gini.. Apalagi ada yg dibikin lalapan.. Weleh.. He3.. Pait banget pasti...

Minggu, 01 Maret 2009

wader, uceng dan urang kali

Walau ikan2nya kecil. Ditanggung sangat gurih dan enak. Tidak usah memikirkan tulang2nya karena dijamin renyah dan kemripik pisan. Ha3...

soni magelang