Minggu, 31 Januari 2010

bunglon tidak berubah warna

Tadi ada bunglon tersesat masuk teras rumah. Diam aja lama2 di lantai
yg berwarna hitam. Tapi anehnya kok kulitnya ga berubah menjadi gelap
atau kehitaman? Aneh juga. Apa tanda2 kaum bunglon di Indonesia sudah
tidak usah berubah sikap dulu untuk mencari makan. Alias terang2an aja
minta uang. Ha3..

Sabtu, 30 Januari 2010

kering (buat sangu mancing)

Kalau pergi mancing saya selalu dibuatkan kering untuk bekal pas makan
siang di tengah laut. Selain enak, kering ini sangat awet tidak bakal
kecut karena tidak ada airnya.
Kering pake potongan tempe, ada kacang utuh, teri medan.. Nyam... Di
makan di rumah aja uenak.. Apalagi dimakan di alam bebas di tengah
laut sambil menikmati sepoi2nya angin laut.. He3...

Rabu, 27 Januari 2010

kemasan menarik serabi

Beberapa waktu sering liat kemasan serabi yg menarik yaitu digulung
dan dibungkus daun ala lemper. Keliatan lebih higienis dan tidak makan
tempat. Cara makannyapun jadi praktis tidak bikin lengket tangan.

ide kemasan yg sederhana tapi mengena.

Selasa, 26 Januari 2010

Tombro sisik kencono

Dari kecil saya diceritain bahwa di sungai progo hidup ikan2 besar yg
bersisik indah sekali dan bersinar seperti emas. Nama iwak tombro
sisik kencono.

Akhirnya bisa mahfum juga memang ada ikan2 tersebut walau sekarang
sudah susah sekali nyari ikan2 ini. Apalagi yg berukuran besar.

nah ini yg berukuran 15cm, keliatan indah sekali sisiknya seperti emas
bertumpuk2 teratur dan rapi sekali.

belut sawah

Masih cukup banyak yg jualan belut hidup di pasar dan ternyata
harganya cukup mahal juga sekilo 35rb. Lebih mahal dari gurami (30rb)
atau ikan lele (15rb). Mungkin karena sudah semakin susah nyari belut
di sawah2. Nggak kayak jaman kita dulu tinggal nyari sembarang
galengan sawah nyari lubang yg ada gelembung2nya pasti disitu ada
belutnya. Masukin senar yg dipelintir dengan kail dari ruji sepeda yg
dikikir pakai umpan cacing untel. Aduh kalau kena otot2an ampe agak
lamaan. Hi2.. Anak sekarang masih ada yg bisa mancing welut gak ya ?
Apalagi bikin sendiri kailnya dg dikikir hati2 spy rujinya tidak patah
ketika ditekuk.

Senin, 25 Januari 2010

soto di jalan balapan jogja

Ini soto langganan istriku lokasinya dekat kantornya. Memang enak dan
segar, kuahnya juga tidak terlalu kental. Dan yang pasti harganya
tidak terlalu mahal. Jadi kalo pas ke jogja dan sekalian jemput istri
ya makan siang lah disini.. He3..

Sabtu, 23 Januari 2010

mancing wader

Sebenarnya kalau bisa diternak wader itu trus bikin kolam khusus wader
rasanya menarik juga. Habis dipancingin trus digoreng garing. Pasti
leb tenan secara ikannya fresh caught. Cocok juga untuk outbound anak2
karena mancing wader ada kesulitan tersendiri yaitu cara masang
kailnya yg super kecil. Untuk orang yg berkacamata plus pasti susah
bener tali menali senar dan kailnya. Tapi anak-anak bisa belajar
menalikannya biarpun mata tajam tapi perlu keahlian juga spy tidak
lolos lepas.

Jumat, 22 Januari 2010

Rasa mengalahkan rupa (sate kambing Grojogan belakang Pabrik Sibalec)

Beberapa waktu yg lalu abis jemput istri dari bandara mampir dulu makan
siang di sate kambing Grojogan Bu Ito.. lokasi di belakang pabrik
Sibalec arah perempatan lapangan Mlati ke Timur.
Memang rasanya enak.. cuman penampilan kadang suka menipu.. warna
dagingnya itemmmm.. tapi rasanya mak nyus.. entah karena kecapnya atau
yg lain.. Dagingnya juga mayan empuk.. he3..

Kamis, 21 Januari 2010

kacang godril

Tadinya temanku yg dari solo bilang entute mambu koyo bar mangan
kacang godril? Kacang godril apa tuh? Akhirnya baca2 ternyata ini
kacang dari pohon trembesi. Nah mau tanya nih.. Pohon trembesi yg
kayak gimana? Kalau di magelang nama kacangnya apa yah?

katanya kalo mencium entut godril biso marai semaput.


Liat disini: http://sekarlawu.blogspot.com/2008/06/godril.html

http://www.pitutur.net/the-philosophie-of-godril.jsp

Selasa, 19 Januari 2010

lotek depan toko mebel masakini

Di jalan raya mertoyudan ada lotek yg enak. Warungnya depan toko mebel
masakini, ya urutannya pom bensin New Armada. Lumayan laris, telat
dikit dah keabisan. Tadi jam 12'an mampir situ, sayurnya masih pepak
dan kupatnya lauk bakwan juga masih ada. Asyik dah... Tunggu 15menit
sudah ready. Tinggal santap. He3.. Yg bikin sedep itu kulit buah
jeruknya yg sangat terasa (jeruknya namanya jeruk apa? Lupa). Sedep
banget terasa di lidah wanginya kulit jeruk.. He3. Nyamleng.

Minggu, 17 Januari 2010

Ledre (bukan ledha-ledhe)

Ternyata nyari ledre basah sekarang agak susah di magelang, harus beli
di Tape Ketan Muntilan dulu. Memang ledre gampang banget kecut karena
terbuat dari kelapa muda. Yang pasti harganya ga murah2 amat. per 10bj
harganya 13rb. tapi memang pisangnya sangat manis kualitas no 1. yang
pasti ledre kayaknya khas magelang yah ??

Sabtu, 16 Januari 2010

sirip hiu di cilacap

Ngeri juga ya liatnya? Brp ribu hiu yg dikorbankan cuman diambil
siripnya seperti itu? Sebuah kesia2an?

sirip hiu di cilacap

Ngeri juga ya liatnya? Brp ribu hiu yg dikorbankan cuman diambil
siripnya seperti itu? Sebuah kesia2an?

sate pisang, tempe bacem dan lunpia

He3.. Sambil menunggu orderan. Saya fotokan dulu nyamikannya. Pasti
tahu semua. Ini lokasi ada dimana.

Kamis, 14 Januari 2010

telo goreng

Isuk2 gini yg dingin memang enaknya makan yg panas2.. Misal telo
goreng seperti ini he3. Kalo telo pohung goreng namanya balok nah kalo
telo pendem goreng namanya limpung.

Rabu, 13 Januari 2010

pentil kepel

Sudah 2 kali pohon kepel di halaman depan rumah berbuah. Yg pertama
cuman satu butir, nah sekarang ada sepasang. Yap cukup aneh buahnya
tidak muncul di ujung ranting tapi buahnya keluar dari batang
utamanya. Pohon ini agak lama gedenya. Pohon ukuran diameter 10cm ini
sudah berusia 3 taun lebih.

Selasa, 12 Januari 2010

roti pisang ndeso

Saya lebih suka roti pisang seperti ini yg harganya cuman 2rb dan
isinya ada 10. Tiap roti isinya sepotong pisang tp pisangnya manis.
Kemaren saya beli di warung di mbanyakan. Iseng aja pas jalan2.
Ternyata masih ada ya roti murah seperti ini. Entah yg bikin ambil
untungnya berapa.

Robot xxx

Ono2 wae.

Senin, 11 Januari 2010

geblek

Kemaren nganterin mertua ambil pensiun. Iseng2 liat2 bakul2 jajanan yg
lagi banyak di kantor pos. Eh ada geblek.. Dah lama ga makan geblek.
Wah sak renteng mintanya 5rb.. Iseng aja tak tawar 3rb.. La kok malah
diwenehke.. Katanya udah kawanen.. Kalo lbh awan lagi geblek bakal
sayub.. Atos.. Mbrengkel gitu...

ya udah tak bayarin lah.. Jebul uakeh banget tuh geblek.. Tak wadahke
piring munjung begitu.. Mertua angkat tangan mau makan begitu krn
pakai gigi palsu yo wes pangan dewe..
Pertama2 sih penak.. Suwe2 rahangnya keju.. Rodo alot2 piye makan
geblek itu.. He3.. Tapi enak kok..

Minggu, 10 Januari 2010

ikan asin jambal lombok ijo uleg

Biasanya ikan asin jambal dimasak lombok ijo dipotong miring2 seperti
biasanya. Tetapi ini agak lain, lombok ijonya di uleg dulu baru
dimasukkan ke ikan asinnya yg sudah digoreng dulu. Wah ternyata
rasanya lebih nyamleng karena bumbunya lebih meresap. Cuman dilihat
dari penampilan jadi kurang indah karena ijo kuning seperti kotoran
bayi... Ha3..

Jumat, 08 Januari 2010

kue mutiara

Terbuat dari sagu butiran yg dibungkus daun pisang bersama parutan
kelapa muda. Enak tenan.
masih sering dijumpai di warung2 makanan saingannya nogosari.

bakso pak Lan

Nah seperti yg diceritakan kemaren, depan gereja santo yusuf
pandansari ada dua penjual bakso. Satunya bakso krikil kemaren satunya
lagi bakso pak lan. Dulu sekali pak lan jualan baksonya kelilingan dan
sering lewat depan rumah mertua. Jadi ya agak sering juga nyegat
grobagnya. Rasanya cukup lumayan lah dibanding bakso2 lainnya. Rasa
indil2nya cukup terasa dagingnya. Dan terutama yg enak itu sekalian
ditambahkan kupat sebagai pengganti nasinya. Cukup mengenyangkan.
Sayang sepertinya sudah agak tersaing dg bakso krikil itu. Tp kemaren
nyoba rasanya masih sperti yg dulu2...

Rabu, 06 Januari 2010

musim laron yg terlambat?

Laron biasanya keluar pada awal2 musim hujan di bulan
september/oktober. Tp sekarang laron ikut2an bingung dengan kacaunya
musim. Di bulan januari yg dulu dibilang 'hujan sehari2' malah
laron'nya baru keluar. Mayan bisa kumpulin laron buat pakan iwak..
He3...

Selasa, 05 Januari 2010

buah mundung

kemaren jalan2 ke pasar bonpolo.. liat ada yg jualan buah mundung. buah
yg sangat kuecut lumayan kalo pas ngantuk2 bisa bikin melek mata. sekilo
cuman 2000 rupiah saja. Sudah jarang ada buah ini. mungkin karena nilai
ekonomis`nya rendah la kuecut bener.. he3... padahal dulu pas kecil
banyak ya yg jualan buah ini. apa pas kecil kita seneng jajan yg kuecut2
ya ??

Senin, 04 Januari 2010

sukun goreng

Wah, bulan2 ini sepertinya lagi musim segala macam buah. Termasuk buah
sukun lagi membludak di pasar. Sekilo cuman 1500rp. Walah murih temen.
Jadi beli banyak2.. Paling enak pas hujan2 ini digoreng uyah bawang
aja. Dan dimakan panas2 bareng kopi kental sambil nonton tipi. Neng ra
ono jejere.. He2..

kartu nama anggota VW

Tak cari2 cuman dapat kartu nama lama seperti ini, padahal dl ada
emblem, KTO, kaus dll. Wah pokoknya tiap minggu ada event VW. Tahun 94
apa 95 ya. No hp'ku iseh antik 0811293923 no cakep.. Ha3

Minggu, 03 Januari 2010

bakso krikil depan gereja Santo Yusuf Pandansari, Mertoyudan

Biasanya saya langganan bakso disitu dengan baksonya Pak Lan. Tapi
lama2 penasaran juga dengan bakso krikil yg di sebelahnya kok rame
bener? Akhirnya 2minggu yg lalu saya coba lah bakso krikil itu. Wuit..
Masuk2 banyak cewek2 mahasiswi Akper UMM, seger-seger buat vit A. Wah
ternyata yg bikin terkenal eh rame ini bukan baksonya. Tp bakwan
gorengnya. Bakwan dibuat empuk dan dicokot terasa gurih dan enak. Tak
liat teksturnya ternyata ada campuran potongan bakminya disitu.
Selain yg udah dicampur di bakso. Kita juga bisa nggado bakwan
gorengnya. Dan sangat banyak yg minta bungkus ini bakwan. Saya aja
ampe minta bungkus 10butir. Oya per bj bakwannya 500rp aja. Kalau
bakso kerikilnya sih biasa aja.. Ya kayak yg dibilang mas singgih
itu.. Cuman sensasi mak byuk mangan indil2 uakeh....

Sabtu, 02 Januari 2010

sungai diracun paceklik bagi pencari ikan

Kejadian di berita ini juga sudah terjadi kali progo dan elo. Hampir
tiada jeda orang meracun sungai. Bahkan di air yg dalam keadaan banjir
pun sempat2nya orang menebar racun. Bisa dipastikan banyak ikan yg
mati sia2 karena tidak terambil karena besarnya air dan warna air yg
sangat keruh. Kenapa sampai sekarang tidak ada tindakan dari aparat?

Jumat, 01 Januari 2010

sosis solo

Dadar telur diisi daging kenapa dinamakan sosis saya juga ga tau
sejarahnya. Biasa di warung sego sop dan warung timlo.