Minggu, 28 Maret 2010

nasi pecel ambarawa arah jalan gua kerep

Cukup enak dan antrenya yg luar biasa...

Senin, 22 Maret 2010

tongseng campur



Tongseng campur itu biasanya campuran antara daging dan hati. Cukup lumayan buat siap2 kalo dapat daging yg alot. Ini kemaren siang makan di tongseng pak kurdi di mendut. Sip banget....

Minggu, 21 Maret 2010

pompa sederhana

pas kemaren mancing di hulu sungai elo.. liat ada pompa sederhana yg
bisa menaikkan air sampai puluhan meter ke atas rumah2 penduduk di
tebing atas sungai.. cukup cerdas juga bikinnya... dengan sistem kelep
pake karet... debit air yg cukup besar bisa menaikkan air ke atas cukup
kencang...
suaranya juga cukup merdu.. sambil mancing dengar suara itu enak juga sih...

Sabtu, 20 Maret 2010

tape goreng keju


Enak banget pas pagi2...

Jumat, 19 Maret 2010

batagor depan swalayan Family, Prajenan

Liat dasarannya dan cara jualnya jadi kepingin. Jadi inget dulu pas
sering maen ke bandung pas masa2 akhir kuliah. Sarapan bubur ayam kalo
pas malam makannya batagor. Wah ga gizi banget tp enak2 aja tuh pas
dulu.
Kalau yg ini stelah tak coba kok rasanya beda jauh, bumbu kacangnya jg
kurang mak nyus.. Lagian di batagor'nya kenapa dikasih sayuran. Malah
jadi kurang bagus penampilannya.. Ha3.. Ya sekedar pengobat rindu
saja...

Rabu, 17 Maret 2010

Bakmi Magelang`an Warung Pak Sam depan Samsat Kodya Magelang (Trunan)

*Bakmi Magelang`an Warung Pak Sam depan Samsat Kodya Magelang (Trunan)*


Biar infonya selalu update dan sekalian menjawab pertanyaan Kang Wahid.
Ini dia info sego goreng magelangan terbaru.
Sudah sekitar 2 bulan ini di depan Samsat Kodya Magelang agak di depan
pom bensin Trunan juga ada warung bakmi gerobak warna ijo yang tiap hari
mangkal disitu.. tadinya sih cuek aja kalau lewat disitu.. tapi lama
kelamaan kok yg njajan tambah buanyak.. Oya warung ini buka mulai jam
8`an pagi... Agak aneh karena biasanya warung bakmi itu mulai buka
siang2an.. Ini malah pagi2 udah buka yg biasanya jatah nyoto untuk
sarapan para penduduk magelang.
Sepertinya ini ide yg bagus dan merupakan terobosan karena jarang sekali
ada warung bakmi pagi2 begini. Pak Broto aja buka`nya paling gasik jam
10pagi.
Memang yang njajan masih sekelas pakai sepeda motor... bokap tak ajak
mampir gak mau.. susah parkirnya katanya (batinku mesti gengsi.. he3)
bojo yo podo wae.
Ya sudah akhirnya saya nglegak`ke jam 8`an mruput mampir kesitu naik
motor.. wah jam segitu udah ada yg ngantri2.. nunggu 5 ekor lagi eh 5
orang lagi.. ya udah ditunggu.. Ada beberapa PNS yg pake seragam lagi
ngantri trus ada penduduk Trunan yg njajan juga.. Wah masaknya cepet
juga.. gak ada 30 menit sudah selesai 5 antrian itu... Saya tanya ada
apa aja.. ternyata selain bakmi dan sego goreng ada juga tongseng ayam..
tapi ah mending njajal bakmi magelangan aja.... langsung dibikin
sreng2... jadi deh... nah langsung difoto.. tuh fotonya di atas....
keliatan enak banget kan ???
Dan ternyata memang uenak.. tidak asin dan tidak manis.. bumbunya pas..
apalagi masih kebul2 dan dimakan pas pagi yg masih dingin (udah beberapa
minggu ini Magelang memang dingin buanget kalo pagi, usum mbediding ?).
Pokoknya rekomended banget.... dan ternyata harganya muraaah.. cuman 6rb
saja dengan daging ayam yg buanyak...
Jadi bagi poro Ki Sanak yg lagi di Magelang dan pengen njajan pagi2
bakmi magelangan.. ini bisa jadi alternatif.. cuman jangan pakai mobil
kalau tidak terpaksa.. memang bener parkirnya susah.. he3....

Ok cukup sekian dulu... dan ternyata saya tanya bakminya ditanggung
halal tidak mengandung Mis Piggy.. (kata seng dodol lho).
Ayo Kang Wahid kalau mau sungkem mertua di Mertoyudan nglegakke dulu
parkir disitu.. Avanza`nya parkir di Saudara Motor (dealer Honda) saja..
he3... biar gak ngganggu lalin... Pokokmen seng gerobak`e warnane ijo
dan ada tulisannya bakmi goreng ada di kiri jalan kalau dari arah Menowo.

Minggu, 14 Maret 2010

program tebar bibit di rowopening 14maret 2010

Kemaren jadi panitia pelepasan bibit ikan di rowo pening... Ckp
menjanjikan karena lokasi penuh ganggang sehingga susah dijaring..

Sabtu, 13 Maret 2010

empal sop

Ternyata di magelang sudah ada yg jualan model muntilanan ini.. Jadi
ga usah jauh2 kesana.. Empalnya enak.. Sayang sop terasa kebanyakan
msg dan kurang panas.. Nasinya jg agak dingin...
Lokasi di hotel pringgading.

Jumat, 12 Maret 2010

metro square di malam hari

Semalam iseng2 nongkrong di warung kucing depan seminari. Inilah
suasana malam gerimis di depan metro square. He3...

Kamis, 11 Maret 2010

karnaval di ngrajek

3-4 hari sekali biasanya beli gurami di Ngrajek. Tidak seperti
biasanya rame banget di jalan ternyata malamnya bakalan ada keramaian.
Tiap kampung bikin kendaraan karnaval. Cuman sempat fotoin 2 kendaraan
saja. Semua kendaraan ga ada yg bermotor paling banter pake sepeda
atau gerobak.
Yg lucu bis'nya itu ada 4 orang di dalamnya sebagai penggerak dg berjalan kaki.

Selasa, 09 Maret 2010

gule bu hadi (ex pasar rejowinangun)

Dulu sekali, kalo pas masuk ke pasar rejowinangun kalo pengen makan
pilihannya cuman dua. Sop pak parto atau gule bu hadi. Setelah pasar
kebakar sop pak parto masih eksis malahan punya cabang 2 dan
keliatannya tambah laris. Nah bagaimana dg gule bu hadi? Sungguh
ironis dan bertolak 360derajat. Setelah nyari2 akhirnya ketemu
lokasinya di pasar darurat. Ada di lokasi yg paling ujung dan
pojok-jok yg jarang banget orang lewat. Kasihan juga. Secara orang
jual makanan itu nyari lokasi yg strategis. Rasa masakan sih masih
sama lah.. Empuk dan miroso seperti dulu.. Cuman rasa makan disitu
sekarang jadi keliatan atsmospher keriuhan pasar. Sering pas makan
dulu sering ketemu bakul2 yg abis payonan dagangannya, ada orang yg
abis beli dg barang2 yg berat, dialog2 ala pedagang pasar yg kadang
suka lucu ikut dengarnya.
Sekarang seperti di warung yg nglangut... Makan cuman sendirian..
Padahal ini pas jam makan siang.

moga2 pasar rejowinangun cepet dibangun dan cepet selesai dah. Kasihan
nasib pedagang2 yg seperti ini.

Senin, 08 Maret 2010

roti 'ndas gorkha'

Nah ini dia roti saingan kue moho. Sama2 bikin me-ndelik2 kalo makan
kecepeten tanpa minum air (red Jawa : kesereden). Termasuk kue yg
murah dan masih jadi jajanan anak2 kecil.
Kue yg enak dan masih mikir kenapa dikasih nama ndas gorkha.. Apa
mirip kepala gorkha yg pake ubel2 ? Ha3..
Cuman gorkha itu kan orang nepal yah? Apa jg pake sorban kayak orang sikh?

Kung gmana tuh cerita orang2 gorkha di indonesia? Katanya banyak yg
balik gagang trus jadi memihak indonesia ya pas perang itu?

kupat tahu tanjung

Di dekat pertigaan tanjung tepatnya depan kantor pegadaian Tanjung yang
dekat perumnas Kalinegoro itu ada warung kupat tahu Pak Sis. Warungnya
sederhana tapi kupat tahunya Mak Nyus... Kalau pagi sampai agak siang yg
ngulek sambel ibunya.. Agak siangan yg ngulek sambel Pak Sis'nya sendiri.
Walau bagaimana pun saya tetep lebih mantep sama ulekan bu sis'nya entah
kenapa.. Jadi kalau kesana lebih pagian.
Yang bikin mak nyus juga bakwan'nya.. Gurih banget.. Enak deh pokoknya..
Menurut saya ini kupat tahu yg masih asli selera'nya.. Dulu kupat tahu
ndompleng mblabak masih asin gurih, tp lama2 cenderung manis kayak kolak.
Begitu pula kupat tahu yg di Ngesengan itu, Tahu Pojok, jan legi tenan.
Yg masih belum terkena deman manis2 ya yg di Prajenan sama pak Pangat. Cuman
Pak Pangat sudah muahal. Yg di Tanjung ini sepiring kupat tahu mak nyus
cuman 4rb doang... He3...

lunpia di ronde kantil nanggulan

Selain tahu bacem. Lunpia salah satu kandidat teman minum ronde. Malah
terakhir kunjungan ada lunpia basahnya. Ini lunpia rebung bukan taoge.
Enak banget. Saya lebih seneng yg basah soalnya ga berminyak dan ga
mengotori baju gara2 remah2nya..

Sabtu, 06 Maret 2010

Semar mendem

enaaaakkkk...

masakan dari jamur




Lagi eksperimen berbagai macam masakan jamur, sementara digoreng dan di lombok ijo dulu. Yg penting lebih sehat dari daging he3...

Jumat, 05 Maret 2010

lunjar / wader andong

Ikan dulunya banyak sekali di sungai2 kecil di sekitar kita. Sayang
sudah mulai jarang karena tekanan kegiatan manusia. Dan yg terutama
karena rasanya sangat enak banyak orang menangkapnya dengan cara yg
merusak (stroom/potas). Ternyata di luar negeri ini merupakan ikan hias
idaman juga. Terbukti pas saya coba masukin ke aquarium bagus juga nih.

Kamis, 04 Maret 2010

strawberry with honey

Selain bawa pulang makadamia, ada oleh2 lain yaitu strawberry.
Ternyata strawberry dari Jatim sekarang kualitas'nya lebih bagus dari
Jabar. Buahnya lebih besaaaar dan rasanya sangat manis, kecutnya tidak
begitu terasa.. Tapi ya masih ada kecutnya sih.. He3.. Tak coba makan
sama madu aduh enaknya.. Ha3...

Rabu, 03 Maret 2010

makadamia, kacang yg enak




Dapat oleh2 dari istri setelah kunjungan kerja ke Bondowoso Jatim.
Ternyata disana ada ditanam perkebunan sejenis pohon nut (kacang2an)
yg enak sekali. Namanya makadamia yg ternyata aslinya dari Queensland,
Aussie. Dan ternyata harganya mahal sekali setelah saya googling.
Makadamia memang enak sekali. Cuman sayang kulit buahnya keras sekali,
bahkan pake palu besi pun kadang mental. Jadi cara memecahkan kulit
buahnya harus perlu daya upaya.

terkenal sebagai pengisi permen coklat. Ternyata harganya per kg
300rb'an. Mahal sekali.

Selasa, 02 Maret 2010

GOR Manahan Solo di minggu pagi

Seperti inilah suasananya. Rame banget. Mau beli jajanan apa aja ada.

TK Al Iman Samban, Magelang

Ini TK di kampung samban di kampung saya waktu kecil, adik saya bungsu
sekolah disitu. Salut juga sampai sekarang masih exist. Padahal udah
banyak TK modern lainnya.